Saturday, November 17, 2018

Tips Pemberian Pakan Ayam Bangkok Yang Baik dan Benar Berdasarkan Umur

Sabung Ayam OnlineDalam pemberian pakan pada ayam bangkok sangat perlu untuk diperhatikan secara benar. Pemberian pakan pada ayam bangkok sangat mempengaruhi pertumbuhan dan kondisi fisik ayam bangkok . Pakan yang diberikan pada ayam bangkok sebaiknya mengandung nutrisi yang lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, hijauan, vitamin dan mineral.
Oleh karena itu dalam pemberian pakan ayam bangkok kita harus memerhatikan juga makanan nya berdasarkan umur sang ayam aduan. Ayam dengan usia dibawah 3 bulan harus mendapatkan makanan dengan jenis, jumlah, dan komposisi yang berbeda dengan ayam bangkok usia 6 bulan, begitupun seterusnya.
Pemberian ayam bangkok juga tidak boleh sembarangan. Hal yang dapat terjadi bila ayam diberi pakan sembarangan adalah pertumbuhan menjadi tidak normal seperti tulang dada yang bengkok, kurus, tulang keropos, bulu kusam, jari-jari bengkok dan akan mengalami pertumbuhan terhambat.
Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pemberian pakan yang benar dan baik pada ayam bangkok sesuai umur nya.
Pakan Ayam Bangkok 2 hari – 2 Minggu
Anak ayam bangkok yang baru berumur seperti ini masih dikategorikan lemah. Oleh karena itu sebaiknya berilah pakan yang lebih halus karena masih dalam tahap mematuk dan belum bisa menelan makanan yang agak besar. sebaiknya berikan pakan yang banyak mengandung tinggi lemak juga tinggi protein bisa menggunakan pakan ayam pedaging. Untuk makanan ayam 0-1 hari cukup di sediakan minum yang di campur dengan vitamin karena ayam pada usia kurang dari 1 hari belum membutuhkan makanan dan ayam baru mulai makan pada usia 2 hari.
Pakan Ayam Bangkok 2 minggu -1 bulan
Pada usia ini anak ayam sudah pandai untuk mematuk dan sudah bisa mencari makanan di sekitarnya. Berilah makanan yang mengandung asupan gigi tinggi protein dan rendah lemak yaitu kira-kira mengandung protein 20%, Serat 6,0%, lemak 3,0%. Kalian dapat menggunakan pakan seperti HI-PRO-VITE yang berkode 591 karena memiliki komposisi nilai gizi yang seimbang.
Pakan Ayam Bangkok 1-3 Bulan
Di usia satu bulan ini, ayam sudah mulai di lepas selama maksimal 1 jam tiap harinya, untuk ayam usia 2 bulan dapat di lepas maksimal 2 jam tiap harinya. Namun perlu diperhatikan, pelepasan ayam ini jangan dibiarkan terlalu lama karena dapatv menyebabkan ayam terserang penyakit lain serta anak ayam yang dpaat mengalami kecapean bahkan mengantuk. Untuk pembeerian pakannya cukup diberikan makanan khusus untuk ayam aduan yang berkode 591/2/3 sesuai tahap perkembangan dan usianya.
Pakan Ayam Bangkok 3-6 Bulan
Pada usia seperti ini, anak ayam sudah masuk ke masa aktif dimana mereka sudah bisa mencari makan sendiri, berlari-larian bahkan juga bisa sampai bertarung hingga susah untuk dipisahkan dari ayam lain. Di umur ini sbeaiknya ayam diberikan suplemen tambahan atau bisa di berikan vitamin b komplek dengan tujuan untuk membantu pertumbuhan bulu dan tulang, tambahkan juga kalsium/kalk jika perlu supaya pertumbuhan tulang dapat mencapai maksimal.
Dan untuk pakannya, kalian bisa menggunakan pakan yang berkode 593 dan 594 kemudian di teruskan dengan makanan campuran antara butiran 594 dengan beras merah pada usia 6 bulan.
Pakan Ayam Bangkok 6 bulan Keatas
Pakan untuk ayam yang sudah berusia enam bulan ke atas atau tepatnya di usia tujuh tahun bisa diberikan pakan berupa beras merah. Kandungan dalam beras merah sangat baik diberikan pada ayam karena berguna untuk membentuk tubuh dan otot sang ayam. Pemberian makanan di usia ini sesekali juga di berikan makanan voor sampai pertumbuhan bulu bulunya betul-betul selesai.
Untuk tambahan nya kami akan memberikan saran mengenai “Kebiasaan buruk dalam memberi pakan ayam bangkok”
Memberi pakan anak ayam bangkok dengan bekatul
Bekatul memang salh satu pakan yang mengandung kaya akan vitamin yang komplit, Namun disarankan pemberian bekatul pada anak ayam tidak dilakukan dikarenakan anak ayam yang masih susah untuk mencerna. Hla yang dapat terjadi dalam pemeberian bekatul ini adalah anak ayam dapat tumbuh terhambat. OLeh karena itu pemberian bekatul ini sangat tidak disarnkan untuk anka ayam.
Memberi pakan ayam bangkok dengan nasi
Pemberian nasi merupakan paling sering dilakukan oleh para juragan ayam. Nmaun Ayam bangkok yang di beri makanan nasi tanpa ada makanan pokok lainnya dapat mengganggu pertumbuhan tulang bahkan juga dapat merusak ayam dewasa yang sedang di rawat karena dapat memperberat ukuran badan.
Sebaiknya jika ingin mendapatkan ayam yang diinginkan, ayam harus diberikan berdasarkan pada tingkat kebutuhan ayam yang di sesuaikan dengan tingkat usianya. Dengan pemberian pakan yang benar maka ayam bangkok yang dihasilkan akan tumbuh sesuai dengan keinginan kita dnegan tumbuh lebih cepat, lebih kuat dan lebih tangguh.
Demikian artikel menganai Tips Pemberian Pakan Ayam Bangkok Berdasarkan Umur. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian ya para juragan sabung ayam. Jika ada saran atau masukan silahkan di comment di kolom paling bawah. Terima kasih dan Salam Sukses bagi Kalian Para Pecinta Ayam