Friday, November 16, 2018

Cara Ampuh Mengatasi Mata Merah, Luka Pukulan dan Cacingan Pada Ayam Bangkok

Sabung Ayam Online - Penyakit sakit mata pada ayam merupakan salah satu hal yang sering membuat juragan ayam stress dan kebingungan. Mata yang merupakan anggota tubuh yang penting bagi ayam dikarenkan peranannya dalam bertanding dan melakukan manuver serangan.
Mata yang tidak dapat berfungsi dengan baik pastinya akan menganggu sang ayam terutama ketika sedang menghindari pukulan lawan saat tengah diadu.
Penyakit satu ini bisa muncul mulai dari terinfeksi cacing, virus, dan bakteri, atau karena terkena jalu lawan sehingga pelipisnya robek dan berdarah. Jika hal ini sudah terjadi, maka ayam harus segera diobati karena jika tidak dapat menganggu kesehatan sang ayam.
Oleh karena itu pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara mengobati ayam yang terkena mata merah, luka pukulan muapun cacingan.
1. Obat Mata Ayam Merah Terinveksi Virus
Penyakit mata paling sering muncul di saat musim pancaroba seperti ini. Biasanya jika ayam sudah mengalami sakit mata, dari mata ayam akan menunjukan gejala seperti selalu berair, bengkak, merah, dan terlihat sayu.
Oleh karena itu segera lakukan tindakan karantina sang ayam dari ayam lain, karena penyakit seperti ini dapat menyebar ke ayam yang lain. Jika ayam sudah dikarantina lakukan beberapa pengobatan pada ayam seperti :
  • Berikan obat tetes mata untuk manusia seperti Lotte dan sejenisnya sebagai media pengobatan. Cukup teteskan 2-3 tetes hingga meresap setiap pagi dan sore hingga mata si ayam kembali bening. Pengobatan ini dapat diberikan jika penyakit mata sang ayam belum terlalu parah.
  • Untuk cara tradisional nya kita dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti daun katuk, meniran, dan daun sirih. Penggunaannya cukup mudah, kita hanya perlu memeras daun tersebut hingga airnya keluar lalu teteskan pada mata sang ayam yang sakit saat pagi dan malam hari. Pemberian menggunakan cara ini mungkin akan membuat ayam tidak nyaman hingga memberintak, oleh karena itu berhati-hatilah dalam melakukannya.
  • Jika sakit mata pada ayam sudah masuk ke tahap yang parah, kita dapat menggunakan obat mata khusus ayam seperti Eye Chick yang bisa diperoleh di ploutry terdekat di kota Anda.
2. Obat Mata Ayam Terkena Pukulan.
Jika penyakit mata ayam ini dikarenakan terkena gangguan fisik seperti luka, robek, atau pecah karena terkena jalu saat diadu maka jenis obat yang digunakan juga berbeda.
Menurut para botoh jika ayam terkena luka saat di adu, kita dapat mengatasi nya menggunakan getah daun kelor. Cara nya cukup mudah, kita hanya perlu meneteskan getah pada mata ayam yang terluka. Cukup 1-2 tetes atau sampai sekira dapat terserap pada bagian yang luka.
Kemudian tutup mata ayam jika sudah ditetesi menggunkaan plester selama 1 hari. Untuk selanjutnya, jika mata ayam masih terlihat bengkak kita dapat mengulangi perngobatan seperti ini lagi. Akan tetapi, biasanya dengan satu kali pengobatan saja, mata si ayam sudah sembuh.
3. Obat Mata Ayam yang Terinveksi Cacing
Nah yang satu ini dapat kita lihat langsung gejala yang terjadi pada ayam. Jika pada setiap pagi mata ayam selalu muncul tahi, kelopak matanya bengkak, dan saat siangnya sering dipejamkan bisa dipastikan sang ayam terkena penyakit cacing mata.
Lihat pada bagian mata ayam, bila menemukan cacing putih berwujud seperti rambut, segeralah berikan obat mata ayam yang dapat dibuat dari daun tembakau.
Cukup dengan menggunakan air perasan daun tembakau kemudian teteskan sebanyak 2-3 tetes pada matanya. Kemudian perhatikan dan amati, cacing-cacing yang menginveksi mata ayam akan kelimpungan dan keluar perlahan dari mata si ayam. Obat mata ayam ini sangat manjur dan khasiat ini bisa langsung terlihat.


Demikian artikel mengenai Cara Ampuh Mengatasi Mata Merah, Luka Pukulan dan Cacingan Pada Ayam Bangkok. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian ya para juragan sabung ayam. Jika ada saran atau masukan silahkan di comment di kolom paling bawah. Terima kasih dan Salam Sukses bagi Kalian Para Pecinta Ayam