Sunday, November 18, 2018

Manfaat Beras Merah Untuk Ayam Aduan Juara

Sabung Ayam Online - Bagi para penghobi sabung ayam memberikan pakan berkualitas kepada ayam aduan merupakan hal yang wajib karena dengan memberikan pakan yang berkualitas tentunya akan mempengaruhi pertumbuhan dan kondisi fisik ayam bangkok aduan kita.
Namun banyak dari kita yang sering membeli pakan dalam bentuk yang sudah jadi, padahal pakan yang dijual belum tentu memiliki kualitas yang baik.
Untuk mendapatkan pakan yang berkualitas, biasanya para pemilik ayam akan melakukan segala cara, mulai dari mencari orang yang menjual pakan ayam aduan yang sudah dikenal dengan begitu kualitas dari pakan terjamin sehingga tidak memberi efek samping terhadap ayam bangkok aduan.
Namun ada cara yang lebih mudah untuk menjaga kesehatan ayam bangkok yang kita miliki, yaitu dengan cara meberikan pakan berupa beras merah. Atau kita juga bisa menggabungkan beras merah dengan pakan yang biasa kita beri.
Beras merah yang memiliki kandungan vitamin B dan E yang tinggi memiliki manfaat serta khasiat bagi ayam bangkok. Selain itu, beras merah juga bermanfaat untuk obat berbagai macam penyakit yang mungkin bisa menyerang ayam bangkok aduan karena kandungan zat didalam beras merah yang bermanfaat untuk untuk tubuh ayam seperti mineral, gizi, vitamin dan juga serat.
Apalagi pada ayam aduan yang sudah dewasa atau saat pertumbuhan bulunya sudah selesai karena dalam masa ini ayam sangat membutuhkan nutrisi untuk membentuk tubuhnya sehingga pemberian beras merah snagat cocok.
Berikut kami akan menjelaskan mengenai apa saja manfaat dari beras merah sebagai pakan ayam bangkok kita.
1. Sumber Energi
Beras merah yang kaya akan karbohidrat sangat berguna menjadi energi cadangan bagi ayam bangkok. Kandungan karbohidrat hingga 85 % cukup untuk memenuhi aktifitas sehari – hari serta menyehatkan bagian syaraf dan sistem reproduksi ayam aduan.
2. Memperkuat Tulang
Kaya akan kandungan vitamin D dan kalsium, sehingga sanagt cocok untuk menjaga kesehatan serta memperkokoh tulang ayam aduan. Banyak para botoh yang menggunakan beras merah sebgaai pakan, apalagi ayam tipe jalu. Hal ini akan membuat tulang kuat dan pertumbuhan jalu menjadi cepat.
3. Mempelancar Pencernaan
Kandungan serat yang tinggi tentu akan menjaga sistem pencernaan pada ayam terutama pada bagian usus. Sehingga permasalahan kesehatan dengan pencernaan tidak terjadi pada ayam. Karena melalui pencernaan yang baik, maka nutrisi yang didapat ayam akan mudah diserap oleh tubuh sehingga tidak terbuang sia-sia.
4. Penambah Berat Badan
Dibandingan dengan pemberian jagung dan beras putih, beras merah rupanya memiliki kandungan serat dan karbohidrat yang seimbang sehingga akan membuat berat badan ayam aduan ideal. Jika diteliti, pemberian jagung sebagai pakan memang akan membuat pukulan ayam menjadi keras dan kuat namun sayangnya gerakan ayam akan terhambat atau lambat.
Lain lagi jika kita berikan beras merah sebagai pakan selain membuat tubuh menjadi ideal, beras merah juga akan membuat tubuh sang ayam menjadi lebih ringan sehingga pukulan ayam memiliki akurasi yang baik.
5. Merawat Bulu Ayam
Kandungan minyak alami pada beras merah sangat bermanfaat bagi bulu ayam. Minyak alami yang merupakan lemak nabati rupanya berguna untuk menyehatkan bulu ayam. Bulu ayam akan terlihat lebih mengkilap serta tidak mudah rontok. Dan juga apabila ayam sedang mengalami ganti bulu (mabung) maka prosesnya akan lebih cepat.
6. Kaya akan Antioksidan
Zat antosianin yang terdapat pada lapisan butiran beras yang berwarna merah sangat baik untuk menjaga kesehatan organ dalam pada ayam. Banyak khasus penyakit pada ayam salah satunya adalah ayam sakit kuning karena mengalami masalah pada organ hati, jadi dengan memberikan beras merah akan membuat organ dalam pada ayam aduan menjadi lebih terjaga.
Demikian artikel mengenai Manfaat Beras Merah Untuk Ayam Aduan Juara. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian ya para juragan sabung ayam. Jika ada saran atau masukan silahkan di comment di kolom paling bawah. Terima kasih dan Salam Sukses bagi Kalian Para Pecinta Ayam.