Friday, November 16, 2018

Cara Ampuh Melatih Nafas Ayam Bangkok Aduan Agar Panjang dan Tahan Lama

Sabung Ayam Online - Ayam bangkok yang memiliki teknik tarung yang hebat, teknik pukulan yang keras maupun memiliki mental yang kuat namun jika ia tak punya nafas yang panjang kemungkinan untuk meraih predikat menjadi seorang jawara mungkin masih belum bisa untuk diraih sang ayam.
Nafas yang panjang merupakan modal awal dari stamina yang tangguh bagi ayam aduan untuk dapat memberikan performa terbaiknya di setiap perjalanan pertandingan. Hal ini jangan pernah di sepelekan, karena jika ayam memiliki nafas yang pendek kemungkinan saat laga ayam akan menjadi mudah lelah. Mungkin hanya awalnya saja ia akan bertarung dengan cantik, namun lihat jika sudah di akhir pertandingan kemungkinan besar ayam sudah terseok-seok menadah pukulan lawan sehingga peluang untuk kalah dengan mudah tanpa perlawanan sangatlah besar.
Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara ampuh melatih ayam bangkok agar memiliki nafas panjang serta tahan lama. Latihan ini sudah terbukti ampuh dan efektif untuk diterapkan bagi sang ayam aduan.
1. Latihan Lari
Latihan lari yang rutin sangat efektif dalam membangun stamina sekaligus nafas ayam aduan kita. Cara nya cukup mudah, kita hanya cukup menyiapkan ayam untulan. Kemudian ayam untulan dibawa berlari untuk memancing ayam yang dilatih mau bertarung. Jika sang ayam sudah berani, tarik ayam untul ke belakang agar ayam yang dilatih mengejarnya.
Kita juga bisa melakukan latihan ini bersama ayam aduan kita. Cukup dengan membawa ayam untul berlari maka sang ayam juga akan ikut mengerja kita, namun perlu hati-hati juga agar jangan sampai terkena patukan atau pukulan ayam yang dilatih.
2. Kliter
Kliter merupakan sebutan untuk latihan lari bagi orang Jawa untuk ayam. Beda nya dengan latihan yang pertama adalah kliter merupakan cara membuat ayam berlari mengitari kurungan ganda yang di dalamnya diberi ayam lain. Ayam yang ditempatkan di dalam kurungan dalam dapat berupa ayam dara atau babon, ayam jantan untul, atau bisa calon jagoan yang sedang dalam proses latihan. Latihan ini juga dapat sekaligus memperkuat otot kaki, keberanian, dan semangat sang ayam. Latihan kliter ini dapat dilalui oleh ayam antara 1-2 jam setiap harinya.
3. Bertarung di bawah terik matahari
Latihan bertarung dibawah terik matahri juga bermanfaat untuk melatih nafas ayam sekaligus memperkuat stamina ayam. Bila napasnya bagus saat bertarung di bawah terik matahari, maka ayam tidak akan terkejut saat bertanding di arena laga. Napasnya akan bagus sehingga tidak tersengal-sengal menjalani pertarungan.
Latihan ini cukup dilakukan 15 menit saja seminggu sekali. Pertarungan dilakukan dengan ayam yang sudah berpengalaman atau ayam lain juga termasuk dalam proses latihan. Hanya saja, jika ayam yang digunakan adalah ayam yang sudah bertaji, sebaiknya tajinya dibungkus agar tidak saling melukai.
Perlu diingat sekali lagi untuk para juragan ayam, sebelum ayam ditandingkan di bawah sinar matahari, ayam diharuskan untuk diberi pakan nasi putih sebanyak satu genggam, kemudian dimandikan. Setelah dilap, kedua ayam ditarungkan. Selesai ditarungkan, ayam dimandikan lagi dan dijemur.
4. Renang
Latihan yang satu ini sebenarnya lebih bertujuan untuk membuat ayam memiliki keseimbangan otot di seluruh tubuhnya. Dan juga untuk membuat nafas ayam menjadi lebih panjang. Latihan ini dapat membuat ayam selalu berusaha mengatur nafasnya agar tidak mudah loyo dan dapat menggerakan badannya supaya tidak tenggelam. Lakukan latihan renang ini secara rutin 2 kali seminggu, maka hasil yang kita dapat saat ayam ditandingkan pasti akan membuat kalian bangga.
Demikian artikel mengenai Cara Ampuh Melatih Nafas Ayam Bangkok Aduan Agar Panjang dan Tahan Lama. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian ya para juragan sabung ayam. Jika ada saran atau masukan silahkan di comment di kolom paling bawah. Terima kasih dan Salam Sukses bagi Kalian Para Pecinta Ayam.