Friday, November 16, 2018

Cara Merawat Ayam Bangkok Setelah Selesai Di Adu

Sabung Ayam Online - Setelah melewati pertandingan yang panjang, ayam bangkok kesayangan kita tentunya mengalami beberapa luka pada bagian tubuhnya. Tentunya kita sebagai pemiliknya harus segera memberikan perwatan segera mungkin agar luka tidak semakin parah. Stamina pada ayam bangkok pun juga perlu dipulihkan agar tubuhnya tetap fit dan bisa berlatih kembali untuk mengasah kemampuannya.
Oleh karena itu pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai Cara Merawat Ayam Bangkok Setelah Selesai Di Adu. Bagi para pecinta ayam penting untuk menyimak hal ini agar ayam kesayangan kita tetap terjaga performanya dan tidak turun kekuatan fisiknya.
Ayam bangkok yang mengalami luka apalagi hingga mengalami cedera berat harus dirawat dengan penuh perhatian agar cedera dan luka yang dideritanya dapat segera sembuh.
1. Penyembuhan Luka
Bagian tubuh ayam bangkok seperti bagian kepala, leher, dan sayap merupakan yang paling sering menjadi sasaran para ayam lain sehingga sering kali terluka. Hal ini harus segera ditangani agar luka pada ayam bnagkok dapat cepat mengering dan tidak berisiko untuk terkena inveksi bakteri.
Bagi para pecinta ayam aduan, kalian dapat melakukan perawatan dengan mudah, yaitu cukup berikan obat luar berupa Betadine atau Tetayokcin kemudian oles atau balurkan pada bagian yang terluka.
2. Pemulihan Saluran Napas
Selain pada fisik ayam, bagian dalam tubuh ayam juga perlu diperhatikan. Salah satunya adalah bagian saluran pernafasan pada ayam aduan.
Setelah melewati pertandingan yang sengit, sedikit banyak saluran napas ayam bangkok kita mengalami kelelahan. Hal tersebut jangan pernah kita biarkan saja, karena jika tidak kita perhatikan ayam bangkok aduan kesayangan kita dapat terserang infeksi bakteri salah satunya adalah bakteri penyebab ayam ngorok.
Oleh karena itu, berikan antibiotik yang memiliki khasiat sebagai penyembuh peradangan pada saluran pernapasan contohnya teramisin atau trimisin.
3. Pemulihan Stamina
Dan yang terkahir adalah melakukan pemulihan stamina pada ayam bangkok. Stamina serta vitalitas pada ayam bangkok sangat perlu untuk dipulihkan.
Dalam proses pemulihannya, kita dapat melakukan beberapa cara seperti :
1. Berikan Jamu khusus pada yam bangkok. Jamu ini dapat kita buat sendiri, kita hanya tinggal menyiapkan bahannya seperti kencur basah, beras, telur bebek, madu, dan gula aren.
2. Setelah selesai diberikan jamu, segera mandikan ayam bangkok dengan air rebusan daun sirih dan jahe untuk mengembalikan otot-ototnya yang kaku. Untuk hari berikutnya, cukup mandikan ayam menggunakan ayam air hangat, terutama pada bagian yang luka sampai kerak luka kering dan mengelupas.
3. Lalu jika sudah 2 sampai 3 hari, berikan perawatan seperti biasa pada ayam bangkok hingga ayam siap untuk diadu kembali.
Pelu di ingat, selama proses pemulihan ini, usahakan ayam bnagkok tidak melakukan aktivitas berat. Seperti tidak menduelkan ayam bangkok kita dengan ayam yang yang lain. Tempatkan ayam bangkok pada kandang dan pastikan makanan, air serta suplemennya diberikan secara tepat.
Demikian artikel mengenai Cara Merawat Ayam Bangkok Setelah Selesai Di Adu. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian ya para juragan sabung ayam. Jika ada saran atau masukan silahkan di comment di kolom paling bawah. Terima kasih dan Salam Sukses bagi Kalian Para Pecinta Ayam.