Wednesday, November 21, 2018

Tips Mencegah Wabah Penyakit Pada Ayam Bangkok

Sabung Ayam OnlinePada musim pancaroba seperti ini, berbagai macam penyakit dengan mudah dapat menyerang ayam bangkok kesayangan kita. Perkembangan virus, bakteri, dan jamur merupakan salah satu penyebab ayam kita sering terserang penyakit.
Dimana pada musim seperti ini, pertahanan tubuh pada ayam kita biasanya sangatlah lemah. Dan hal ini pula yang menjadi salah satu faktor penyakit jadi sangat cepat menyebar dan menyerang ayam aduan kesayangan kita. Dan efek yang ditimbulkan sangatlah bervariasi, mulai dari yang ringan, hingga yang efeknya berat.
Salah satu kasus nya yang paling mengemparkan dan menakutkan adalah kasus flu burung yang diakibatkan inveksi dan penyebaran virus hingga banyak membuat para juragan ayam dibuat frustasi karena banyak ayam-ayam kesayangan mereka mati dengan sangat cepat.
Untuk itu, kita sebagai penghobi ayam bangkok harus melakukan tindakan pencegahan agara dapat mencegah munculnya berbagai penyakit yang dpaat menyerang ayam kesayangan kita. Berikut hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah hal tersebut agar tidak terjadi pada ayam kesayangan kita.
1. Pemilihan Lokasi Kandang
Kandang yang merupakan rumah para ayam merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk di perhatikan. Lokasi kandang yang buruk dapat mempengaruhi kelangsungan bisnis budidaya, terutama terkait tingkat penyebaran penyakit ayam, begitupun sebaliknya dan juga penempatan lokasi kandang ayam yang benar juga merupakan salah satu kunci sukses budidaya ayam bangkok.
Oleh karena itu sebaiknya pemilihan lokasi pada ayam bangkok tidak boleh asal dilakukan. Pilihlah lokasi dimana tidak berdekatan dengan tempat budidaya ayam potong. Hal ini dikarenakan penyebaran virus dari ayam potong sangatlah besar dikarenakan jumlah mereka yang sangatlah banyak sehingga peluang penyebarannya sangatlah mudah.
2. Perhatikan Kebersihan Kandang
Menjaga kebersihan kandang dan tingkat kelembaban tanah di sekitar kandang merupakan salah satu hal yang wajib kita perhatikan. Seperti yang kita ketahui, kandang yang kotor dan lingkungan yang lembab merupakan salah satu hal yang memudahkan penyakit muncul kapan saja untuk berkembang biak.
Maka dari itu, sebaiknya lakukanlah pembersihan kandang secara rutin minimal seminggu sekali dan buatlah drainase (saluran air) agar tanah yang basah di sekitar kandang bisa cepat kering sehingga ayam kita terhindar dari nernagai macam penyakit.
3. Kondisi Kandang Harus Steril
Kandang ayam bangkok diwajibkan untuk dijuahkan dari lalu lalang orang atau hewan lainnya. Hal ini perlu dilakukan karena lalu lalang orang atau hewan lainnya merupakan salah satu mediator pembawa bibit penyakit dari luar yang dengan mudahnya dapat masuk ke dalam kandang.
Salah satu tips yang dapat kita bagikan dalam mencegah penularan penyakit yang datang karena vektor hewan, manusia, serta udara yang masuk ke lingkungan kandang adalah dengan membuat pagar keliling menggunakan batu bata, meski hal ini membuat kita harus mengeluarkan dana yang lumayan besar namun jika mendapat hasil yang memuaskan kenapa tidak.
4. Tidak Mencampur Ayam
Usahakan bagi kalian para juragan ayam tidak mencampurkan ayam kalian dalam satu kandang yang besar. Namun buatlah kandang yang sederhana dan juga tidak terlalu besar ukurannya untuk satu ekor ayam. Sekat pada kandang ayam jugalah snagat penting untuk mencegah penularan penyakit.
5. Tindakan Karantina
Tindakan Karantina harus dilakukan jika ayam bangkok kesayangan kita sudah mulai terserang penyakit. Yaitu dengan melakukan pemisahan ayam yang sakit dari ayam yang sehat sehingga tidak menulari ayam sehat yang lain.
Lakukan karantina hingga ayam tersebut pulih dan kembali sehat namun lain hal jika ayam yang terserang merupakan ayam baru sebaiknya dilakukan selama 1 minggu.
6. Menjaga Ayam saat Tidur
Penularan penyakit biasa paling sering terjadi saat malam hari, hal ini dapat kita nilai karena biasanya pada saat sore hari ayam masih terlihat sehat dan bugar, namun ketika sudah menjelang pagi terkadang kita sudah menemukan ayam kita dalam kondisi kaku.
Untuk mencegahnya kita dapat melakukan tindakan penyelubungan kandang ayam menggunakan kain. Hal ini akan membuat kandang ayam menjadi hangat dan terbebas dari gigitan serangga dan juga mencegah penularan penyakit melalui udara.
7. Desinfektasi
Meski peternakan yang kita punya belum besar, namun Desinfektasi sangatlah perlu dilakukan apalagi jika wabah penyakit yang terjadi di lingkungan kandang ayam sudah menyebar kemana-mana.
Lakukanlah penyemprotan kandang menggunakan cairan desinfektan yang sangat sederhana yaitu dengan cukup menggunakan air sabun saja. Kandungan dalam sabun cair maupun batang sudah mampu untuk membunuh semua kuman penyebab penyakit pada ayam bangkok.
8. Kebersihan Tempat Pakan
Selain kandang, tempat pakan pada ayam juga menjadi salah satu faktor yang dimana sering seklai terjadi penularan penyakit apalagi jika pakan yang kita berikan dalam bentuk basah, seperti dedak dan pur. Tempat pakan yang lembab merupakan temapt yang paling disukai bibit penyakit karena selain lingkungan yang cocok untk berkembang biak, tempat pakan juga mengandung karbohidrat yang dimana diperlukan bibit penyakit umtuk tumbuh. Oleh karena itu, memerhatikan tingkat kebersihan tempat pakan ayam bangkok merupakan hal wajib pula yang perlu diperhatikan.
9. Pakan, Jamu, Suplemen, dan Vitamin
Jika hal yang diatas sudah kita lakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan startegi pamungkas. Dari semua yang sudah kita sebutkan diatas tadi lebih cenderung ke arah pencegahan penyakit dari lingkungan luar, dan langkah terakhir yang harus kita lakukan melalui sisi dalam sang ayam.
Yaitu dengan melakukan tindakan peningkatan sistem imunitas atau kekebalan tubuh pada ayam. Caranya dengan memberikan asupan pakan yang cukup, jamu, suplemen, serta vitamin sesuai kebutuhan.
Demikian artikel mengenai Tips Mencegah Wabah Penyakit Pada Ayam Bangkok . Semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian ya para juragan sabung ayam. Jika ada saran atau masukan silahkan di comment di kolom paling bawah. Terima kasih dan Salam Sukses bagi Kalian Para Pecinta Ayam.