Wednesday, November 21, 2018

Manfaat Daging Kodok Bagi Ayam Bangkok Aduan

Sabung Ayam Online - Siapa yang tidak mengenal jenis hewan satu ini, dengan bentuk tubuh yang gempal, pendek, punggung agak bungkuk, kulitnya yang lembab serta kaki belakangnya yang panjang terkadang membuat sebagian orang jijik dengan hewan amfibi satu ini.
Namun siapa kira ternyata daging dari hewan ini memiliki banyak sekali manfaat untuk dikonsumsi, selain untuk manusia ternyata daging kodok juga bermanfaat bagi ayam bangkok aduan kita. Kandungan gizi dalam kodok ternyata dapat membantu pertumbuhan ayam, khususnya ayam aduan.
Namun untuk pemberiannya kita tidak boleh asal melakukannya, melainkan ada cara nya, yaitu daging kodok terlebih dahulu harus dikuliti dan dibersihkan karena biasanya bagian kulit kodok terdapat racun yang berbahaya bagi sang ayam.
Untuk pemberiannya cukup 2 ekor setiap seminggu sekali saja dan juga jangan terlalu banyak atau berlebihan.
Manfaat yang kita dapat dari pemberian kodok ini adalah akan meningkatkan keagresifan ayam serta memperkuat daya lompat ketika memukul, sehingga menghasilkan pukulan yang tepat sasaran saat berlaga nanti.
Daging kodok sendiri mempunyai beberapa manfaat, bagi kaum Tionghoa sendiri menganggap daging kodok merupakan salah satu makanan yang lezat dan mempunyai zat dan manfaat yang berguna bagi kesehatan jika dikonsumsi sehari hari. Berikut kandungan per 100gr daging hewan kodok, sebagai berikut :
• Energi Daging Kodok = 73 kkal
• Protein Daging Kodok = 16,4 gr
• Lemak Daging Kodok = 0,3 gr
• Karbohidrat Daging Kodok = 0 gr
• Kalsium Daging Kodok = 18 mg
• Fosfor Daging Kodok = 147 mg
• Zat Besi Daging Kodok = 1 mg
• Vitamin A Daging Kodok = 0 IU
• Kandungan Vitamin B1 Daging Kodok = 0,14 mg
• Vitamin C Daging Kodok = 0 mg
Selain bermanfaat bagi manusia, daging kodok juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan ayam aduan. Berikut manfaat daging kodok bagi ayam bangkok aduan kita :
1. Sumber Protein yang Tinggi
Dengan memiliki kandungan protein yang tinggi, daging kodok dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit pada ayam aduan serta juga dapat dijadikan sebagai sumber energi dan membentuk otot ayam adu. Protein memang menjadi syarat penting sebagai tenaga tambahan ketika ayam latihan maupun bertarung.
2. Kalsium dan Fosfor Yang Tinggi
Selain memiliki sumber protein yang tinggi, daging kodok juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi sehingga sangat dibutuhkan bagi ayam bangkok baik untuk struktur tulang dan paruh ayam. Karena tulang yang kuat dan kokoh merupakan salah satu syarat menjadi ayam aduan yang tangguh.
3. Sebagai Antibiotik
Sudah banyak ilmuawan yang membuktikan bahwa kulit yang menempel pada daging kodok mengandung zat-zat yang berfungsi untuk membunuh mikroba penyebab penyakit. Sehingga terkadang daging kodok dimanfaatkan sebagai antibiotik untuk manusia. Namun siapa sangka jika hal ini juga bekerja pada ayam bangkok adaun kita.
4. Menyembuhkan Luka dengan Cepat
Menurut hasil penilitian oleh tim Prof Chris Shaw menyebutkan bahwa daging kodok fire-bellied yang memproduksi protein dapat membantu seseorang jika ingin sembuh dari cidera dalam waktu yang lebih cepat. Dan tentunya hal ini juga bermanfaat untuk ayam aduan dalam mempercepat penyembuhan lukanya pasca latihan maupun setelah selesai diadu.
Demikian artikel mengenai Manfaat Daging Kodok Bagi Ayam Bangkok Aduan Juara. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian ya para juragan sabung ayam. Jika ada saran atau masukan silahkan di comment di kolom paling bawah. Terima kasih dan Salam Sukses bagi Kalian Para Pecinta Ayam.