Monday, November 12, 2018

Cara Mengobati Penyakit Berak Hijau Pada Ayam Aduan


Sabung Ayam Online - Berak hijau merupakan salah satu penyakit yang sering sekali menyerang ayam bangkok kesayangan kita apa lagi pada saat musim pancoraba seperti ini. Oleh karena itu, sebaiknya kondisi fisik ayam harus lebih diperhatikan lagi agar ayam tidak mudah terserang penyakit.
Penyakit berak hijau atau yang biasa orang sebut dengan kolera merupakan penyakit yang muncul dikarenakan situasi atau kondisi kandang yang lembab dan kotor sehingga bakteri mudah berkembang biak dan menyerang ayam bangkok kita.
Penyakit ini juga bisa muncul dikarenakan perpindahan tempat pakan dan minum ayam yang sudah terkontaminasi oleh hewan pengerat seperti tikus atau sejeni unggas sakit yang keluar kandang.
Penyakit seperti ini mampu menyerang ayam disemua usia, bahkan pada telur yang berasal dari indukan yang terkena virus juga dapat ikut terjangkit juga. Penyakit ini biasanya menyerang pada sistem pencernaan dan juga pernafasan adapun penularan penyakit ini bisa melalui kontak langsung, makanan ataupun tempat makanan dan kandang.
Oleh karena itu kita harus bisa menetukan apakah ayam yang kita ternakan terjangkit penyakit berak hijau atau tidak. Adapun cara menentukan apakah ayam kita terserang penyakit berak hijau adalah dengan cara :
1. Kotoran yang dihasilkan ayam berwarna hijau
2. Ayam menjadi lemas dan sulit untuk berdiri karena kekurangan stamina
3. Pada jengger ayam mengalami perubahan warna menjadi hitam agak kecoklatan
4. Nafsu makan yang berkurang
5. Dari dubur atau mulut ayam mengeluarkan lendir
6. Dan jika sudah terlalu parah, maka wajah pada ayam akan mengalami pembengkakan merah kebiruan
Jika Ayam sudah terkena penyakit berak hijau maka harus segera kita obati melalui beberapa cara, yaitu :
1. Pisahkan ayam yang sakit dengan ayam yang lain. Agar ayam tidak menulari ayam yabg sehat.
2. Bersihkan kandang dnegan menggunakan cairan antiseptik berupa dektan
3. Berikan jamu atau suplemen untuk dicampur ke pakan atau minumnya.
4. Berikan obat yang bernama Amoxillin. Obat ini bisa didaptkan di apotik atau toko unggas. Untuk pemakaiannya bisa dilihat langsung dibagian aturan pakai pada kemasan obat tersebut.
5. Berikanlah makanan yang mudah dicerna ayam yang tidak gampang busuk seperti nasi.
Cara penyembuhan ini  termasuk ampuh untuk mengobati ayam aduan yang kita punya. Jika mau, ayam juga dapat diberikan suntikan dengan menggunakan Medoxy-l sesuai dosisnya dan di ulangi dalam selang tiga hari. Selain obat suntik seperti diatas juga ada juga jenis obat antibiotik yang juga biasa digunakan oleh peternak ayam, antara lain coccilin, furozolidon, noxal, ampisol dan lain-lain.
Demikian artikel mengenai Cara Mengobati Penyakit Berak Hijau Pada Ayam Aduan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian ya para juragan sabung ayam. Jika ada saran atau masukan silahkan di comment di kolom paling bawah. Terima kasih dan Salam Sukses bagi Kalian Para Pecinta Ayam