Sunday, February 17, 2019

Cara Memberi Fitamin Pada Anak Ayam


Sabung Ayam Online - Memelihara ayam memang harus dilakukan secara sabar dan telaten supaya ayam tumbuh dengan baik dan sehat. Asupan-asupan nutrisi ataupun vitamin memang diperlukan dalam pemberian makanan untuk ayam, agar pertumbuhan ayam sesuai yang di harapkan. Jangan sampai hal-hal yang tidak kita fikirkan akan terjadi pada hewan peliharaan kita. Penyakit lambatnya pertumbuhan anak Ayam misalnya, memang benar penyakit ini jarang kita jumpai. Namun hal ini juga harus kita ketahui agar penyakit itu tidak dijumpai pada hewan pemeliharaan kita.

Lambatnya pertumbuhan ayam disebabkan oleh faktor Internal ketika masih dalam telur, maupun faktor eksternal yang keluar dari manajemen. Faktor DOC juga sangat mempengaruhi pertumbuhan anak ayam, baik berupa penyimpangan DOC, lolosnya DOC yang seharusnya di Culling dipenetasan, usia induk, bahkan juga bisa disebabkan oleh penyakit ISS (Infection Stunting Syndrom) ataupun bisa dikarenakan efek samping dari jarak transportasi yang jauh.

Biasanya faktor-faktor tersebut dapat terlihat sekitar 10-14 hari. Untuk mengetahui kulaitas DOC dapat dilakukan dengan cara pembandingan performa pengguna DOC dengan produsen yang sama dan kisaran waktu yang sama.

Salah satu penyebab terganggunya pertumbuhan anak ayam yaitu penyakit ISS (Infection Stunting Syndrom), penyebab penyakit ini memang belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa virus yang diduga menjadi penyebabnya antara lain reovirus, anterovirus, parvo virus, calicivirus, rota virus non-spesifik, partikel yang mirip toga virus, dan corona virus. Dari berbagai macam virus inilah yang menjadi penyebab lambatnya pertumbuhan anak ayam.

Vita Chicks adalah serbuk yang mengandung multivitamin yang dikombinasikan dengan Growth Promoter Antibotic yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan anak ayam. Adapun indikasi yang ada dalam serbuk Vita Chicks ini adalah untuk mepercepat pertumbuhan, mencegah kekurangan vitamin, mengatasi stres, mengurangi angka kematian anak ayam.

Untuk Dosis dan Aturan Pakai

Untuk mempercepat pertumbuhan anak Ayam, untuk memenuhi kekurangan vitamin, mengatasi stres (perubahan cuaca, vaksinasi, perjalanan, pindah kandang) dan meningkatkan daya tahan tubuh anak Ayam.

Untuk anak ayam umur 0-2 minggu : 5 gram tiap 7 liter air minum per hari
Untuk anak ayam umur 3-4 minggu : 5 gram tiap 12 liter air minum per hari
Untuk anakan ayam umur 5 minggu- dewasa : 5 gram tiap 7 liter air minum per hari ( ketika mengalami gangguan )

Kata terkait:
Obat Untuk Mencegah Terjadinya Gangguan Pertumbuhan Anak Ayam, Cara Mengobati Lambatnya Pertumbuhan Anak Ayam, Penyakit Gangguan Pertumbuhan pada Anak Ayam.