Thursday, November 8, 2018

Inilah Khasiat Tauge Untuk Ayam Aduan

Inilah Khasiat Tauge Untuk Ayam Aduan

Inilah Khasiat Tauge Untuk Ayam Aduan


Sabung Ayam Online - Kecambah atau biasa yang disebut dengan ‘tauge’ meskipun memiliki bentuk yang kecil merupakan jenis sayuran yang sangat bergizi dan memiliki banyak manfaatnya. Tauge dikenal dengan berbagai sebutan seperti : toge, kecambah, atau tokolan.
Tauge memiliki dua jenis, yaitu : kecambah yang berasal dari biji kacang hijau (Phaseolus Radiatus) dan kecambah yang berasal dari biji kedelai (Glycine Soja). Berikut ini adalah Khasiat Tauge Untuk AyamAduan yang dirangkum oleh situs www.betpantai4d.info dari beberapa kumpulan berita Agen Sabung Ayam Online.

Khasiat Tauge Untuk Ayam Aduan

Kecambah yang berasal dari kacang hijau ada dua macam, yang pertama adalah kecambah biasa dimana batang dan akarnya telah tumbuh sedikit sementara keping bijinya mengecil.
Yang kedua adalah kecambah yang masih kuncup atau masih berupa keping biji yang telah mengembang dengan batang yang mulai muncul dari celah biji tersebut. Jenis kecambah ini lebih bernilai dari kecambah biasa.
Mengenai khasiat tauge atau kecambah bagi ayam aduan telah banyak peternak dan pecinta Sabung Ayam memanfaatkan kulit kecambah ini sebagai pengganti pakan ayam peliharaan mereka. Selain sebagai pakan ayam aduan, kecambah ini juga bermanfaat sebagai peningkat gairah kawin untuk ayam aduan.
Yang mendorong meningkatnya gairah kawin adalah kandungan serat dan proteinnya yang sangat tinggi. Tauge atau kecambah sudah menjadi lambang kesuburan dan diakui secara turun temurun oleh para peternak ayam aduan.

Kandungan Vitamin Pada Proses Berkecambah :

Vitamin B

Kadar vitamin B mengalami peningkatan 2,5-3 kali lipat. Vitamin ini dapat membantu proses pencernaan Glukosa. Saat glukosa dihasilkan maka vitamin B akan memberikan asupan pada sel-sel syaraf, termasuk syaraf pada organ kesuburan ayam jantan yang sangat penting.

Vitamin C

Vitamin C terbentuk di hari pertama berkecambah, bisa mencapai 15mg per 100gr setelah 48 jam. Yang bermanfaat bagi kesuburan ayam jantan. Jika kekurangan vitamin C ini akan mengakibatkan sel sperma menjadi lengket. Hal ini akan menghambat pembuahan sel sperma terhadap sel telur ayam betina, jika hal ini terjadi maka pembuahan akan mengalami kegagalan.

Vitamin E

Vitamin E akan mengalami peningkatan dalam masa berkecambah dari 24-230mg per 100gr biji kering menjadi 117-662mg per 100gr kecambah. Antioksidan dalam vitamin E bermanfaat untuk melindungi sel sperma dari berbagai kerusakan akibat serangan zat radikal bebas.
Cara pemberian pada ayam aduan khususnya pemacek dan biangnya yaitu dengan cara tauge dicampurkan pada pakan yang akan diberikan. Dapat juga diberikan secara langsung (setiap hari atau 2x seminggu). Selain itu juga khusus pemacek di barengi pemberian 2-3 ekor jangkik 2 hari sekali.