Thursday, October 25, 2018

Inilah Ayam Laga Banten Asli Indonesia

Inilah Ayam Laga Banten Asli Indonesia

Inilah Ayam Laga Banten Asli Indonesia


Sabung Ayam Online - Salah satu ayam lokal asli Indonesia yang telah dijadikan sebagai ayam laga selain ayam Ciparage, ayam Black Sumatera dan ayam Bali yaitu Ayam Banten.
Ayam ini dinamakan dengan ayam banten karena untuk pertama kalinya ayam ini berasal dari Provinsi Banten, tepatnya di daerah Malimping. Dan tidak heran jika di wilayah Banten ini juga dikenal dengan tradisi sabung ayam Malimping Banten.
Ayam Banten mempunyai keunikan tersendiri yang sangat sensitif. Ayam laga jenis ini jika dipelihara di daerah lain kurang dapat berkembang dengan baik dan kebanyakan akan mati, yang kemungkinan karena sifat adaptasinya yang kurang baik.
Dalam sejarah perjalanannya, ayam banten ini pada zaman kepemimpinan Sultan Ageng Tirtayasa, ayam banten yang terkenal keunggulannya sampai ke wilayah Bugis dan Malaka.
Ayam ini terkenal berani dalam pertarungannya, tidak gentar walaupun menghadapi lawannya yang berukuran lebih besar darinya. Pantang menyerah dan berani mati merupakan ciri karakter utamanya.
Namun, sangat disayangkan jika ayam yang seharusnya menjadi aset kebanggaan Indonesia ini, sekarang yang hampir tidak dapat ditemui trah aslinya. Hal ini karena keberadaan ayam banten terdesak akan kehadiran ayam bangkok yang lebih populer di dalam dunia sabung ayam, serta ulah para peternak dan penghobi ayam aduan yang berusaha menghasilkan keturunan yang memiliki postur dan kemampuan yang lebih unggul dengan cara mengawinsilangkan ayam banten dengan ayam bangkok ataupun ayam aduan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa ciri umum ayam aduan banten, yaitu :

– Bentuk dan ukuran tubuh yang terlihat besar dan tinggi.
–  Warna bulu bervariasi seperti hitam, coklat, kuning dan merah.
– Leher agak panjang.
–  Jengger dan pial berwarna merah.
– Ukuran paruh pendek dan berwarna kuning.
–  Kaki panjang, kuat dan berwarna kuning.
–  Cuping yang berwarna merah.
–  Berat jantan dewasa mencapai 2,5 kg.
–  Untuk betina dewasa berat bobotnya berkisar 1,5 kg.
–  Produksi telur rata-rata 10-15 butir per periode bertelur.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai ayam Banten, Ayam Laga Banten Asli Indonesia. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan semua para pecinta sabung ayam.