Thursday, August 30, 2018

Tips Membuat Ayam Aduan Menjadi Agresif

Tips Membuat Ayam Aduan Menjadi Agresif

Tips Membuat Ayam Aduan Menjadi Agresif


Sabung Ayam Online - Ayam aduan yang bagus haruslah mempunyai mental yang kuat dan tubuh yang ideal. Akan lebih baik lagi jika ayam aduan selalu agresif. Untuk membuat ayam aduan menjadi agresif dibutuhkan ayam yang memiliki garis keturunan bagus (hasil persilangan yang bagus serta lahir dari induk yang berkualitas). Induk ayam aduan sebaiknya jangan diambil dari ayam yang pernah kalah dalam pertarungan (jantan) dan untuk yang betina harus dipilih yang unggul dan juga tak pernah terserang penyakit apapun.
Setelah itu barulah Anda memilih anakan ayam yang bagus dari hasil persilangan tersebut. Biasanya anakan yang agresif bisa didapatkan ketika ayam berusia sekitar 3 bulan. Ayam yang agresif mempunyai postur tubuh yang tegap dari kecil dan suka bertarung ke sesama anakan-anakan lainnya.
Selanjutnya Anda dapat memberi latihan kecil untuk ayam aduan Anda. Tetapi jangan terlalu lama kira kira sekitar 5 menit saja. Latihan itu bertujuan agar ayam aduan Anda selalu bergairah untuk bertarung.
Sebelum ayam aduan Anda masuk ke tahap perawatan khusus untuk ayam laga. Alangkah baiknya saat ayam berumur 3 bulan Anda berikan pakan yang berprotein tinggi. Contohnya beras merah, ubi, jagung, atau juga bisa berupa serangga, misalnya jangkrik yang mengandung protein tinggi.
Bila Anda ingin Ayam Anda lebih agresif disaat bertarung, Anda dapat memberikan ayam aduan Anda dengan sisa – sisa potongan ikan laut ataupun ikan air tawar yang masih segar. Jangan dicuci biarkan ikan bercampur darah – darah, dan diberikan satu hari sekali saja. Jika berlebihan dapat berakibat fatal dan mengakibatkan ketergantungan. Anda juga bisa memberikan daging kambing mentah, tetapi ingat berikan secukupnya saja. Pemberian daging kambing ini akan membuat si ayam jadi panas, sehingga meningkatkan nafsu bertarungnya.
Ada penghobi ayam aduan yang memiliki pengalaman unik. Jadi ia memiliki ayam yang tidak berani bertarung padahal umurnya sudah menginjak 8 bulan. Lalu ia mencoba saran dari temannya untuk memberikan burung kecil secara mentah.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan seekor burung dengan ukuran kecil (jenis pipit, gereja ataupun burng lainnya). Seandainya tak bisa mencari dari alam, bisa dibeli di pasar burung.
2. Langkah selanjutnya sembelih burung tersebut, lalu cabut bulu-bulunya hingga bersih
3. Remukkan burung yang telah bersih dari bulu dengan batu atau sejenisnya. cara meremukkannya bisa dengan cara membalut burung tersebut dengan kain, lalu dipukul-pukul sampai remuk.
4. Setelah remuk, berikan ke ayam yang kurang agresif, sebaiknya diberikan pada waktu sore hari.
5. Berilah secara rutin minimal satu minggu sekali.
6. Kemudian lihat hasilnya setelah 1 bulan, ayam Anda akan terkejut dengan keagresifan ayam aduan Anda.
Jangan lupa juga cara merawatnya mulai dari tahap pertama hingga memasuki usia 6 bulan. Pada usia 6 bulan ayam sudah tumbuh menjadi dewasa, sehingga Anda bisa memberikan latihan khusus yang dapat membuat ayam aduan anda menjadi agresif. Lalu latihan yang bagaimana yang dapat membuat ayam aduan menjadi lebih agresif?
Berikut ini 3 tips latihan supaya ayam aduan menjadi agresif:

1. Latihan pagi

Latihan pagi bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh dari ayam aduan. Pola latihannya yaitu lompatan kecil, diumbar di ruang terbuka kemudian ayam dimandikan dan terakhir dijemur secukupnya.

2. Latihan siang

Pola latihan siang yaitu mengajari pola serangan dalam pertarungan. Serangan ayam aduan yang kuat bisa diciptakan dengan memberi barbel di kaki ayam aduan kemudian di suruh melompat. Setelah itu, ayam bangkok dilatih tarung dengan ayam lawan, tetapi dengan cara mengadu yang berbeda. Ayam yang satu ditaruh di dalam kurungan sedangkan ayam satunya di luar kurungan. Tujuan dari latihan ini adalah untuk membuat mental ayam aduan menjadi lebih garang.

3. Latihan sore

Latihan sore bertujuan untuk membuat serangan ayam aduan lebih kuat. Pola latihanya adalah ayam diumbar di tempat yang luas, kakinya dikencangkan lalu di suruh berlari sembari kita tarik. Pola latihan ini membuat ayam menjadi marah dan otomatis keagresifan ayam aduan akan muncul.
NB: 3 latihan di atas tak boleh dilakukan dalam satu hari, usahakan untuk berganti hari dan menyesuaikan stamina ayam aduan. Latihan harus diimbangi dengan waktu istirahat dan gizi yang cukup.
Setelah tahap demi tahap pelatihan dilakukan, alangkah baiknya pemberian suplemen untuk kekuatan tubuh ayam juga diberikan. Pemberian multivitamin ini akan berdampak pada stamina ayam. Apa gunanya mempunyai ayam yang agresif tetapi staminanya kurang? Ya antara stamina tubuh dan keagresifan ini haruslah seimbang.
Sekian artikel tentang Tips Membuat Ayam Aduan Menjadi Agresif, semoga bermanfaat. Salam penghobi ayam laga.