Thursday, August 9, 2018

Cara Merawat Ayam Ketawa Dari Virus Pilek, Ngorok dan Lainnya

Cara Merawat Ayam Ketawa Dari Virus Pilek, Ngorok dan Lainnya

Cara Merawat Ayam Ketawa Dari Virus Pilek, Ngorok dan Lainnya


Sabung Ayam Online - Menurut peristiwa ayam ketawa ini merupakan ayam khas yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan dan hanya dipelihara oleh para bangsawan suku Bugis. Dahulunya ayam ini hanya berkembang di lingkungan kerajaan atau kraton Bugis saja.
Namun, pada musim sekarang ayam ini telah tidak sedikit diminati oleh para penggemar ayam dan dipakai untuk turnamen ayam ketawa, seperti sebutan namanya sendiri, ayam ketawa.
Berikut ini adalah cara merawat ayam ketawa dari virus pilek, ngorok dan lainnya.
1. Bersihkan kandang dengan cara berkala atau cara teratur (aspek ini dilakukan agar si ayam mampu merasa menyukai dan nyaman).
2. Lingkungan dan kandang ayam harus rajin disemprotkan Densifektan.
3. Mandikan ayam minimal 3 hari sekali supaya ayam tersebut merasa nyaman dan segar. Sesudah di mandikan, ayam dijemur pada pukul 10 pagi selama 30 menit. Dan biarkan ayam bertengger pada area yang disediakan.
4. Pada waktu ayam berkokok, rekam dan putarkan supaya ayam merasa bahwa ada ayam yang lain di sekitarnya dan ayam dapat memberikan tanda kedatangan secara berkokok.
5. Berikan ramuan jamu khusus ayam ketawa dan ramuan itu terdiri dari jahe, madu, tomat, dan bayam. Cara membuatnya ialah rebus tomat dan bayam, lalu blender dengan jahe dan madu. Cara pemberian jamu adalah masukkan jamu yang telah dibuat ke dalam suntikan yang sudah di sterilkan dan buang jarumnya, lalu masukkan suntikkan ke dalam mulut ayam tersebut. 1 hari sesudah diberikan jamu, beri makan jangkrik sebanyak 10 ekor.
6. Disaat terkena virus pilek, ngorok, berak kapur, hijau dan lemas, berikanlah asupan TetraChlor atau obat dan suntikan khusus untuk penyakit tersebut.
7. Ayam ketawa pun perlu di berikan penyegaran, janganlah terus di kurung kelak dapat membuat ayam stress. Ayam ketawa perlu di biarkan sejenak untuk berjemur di pagi hari di tanah dan rerumputan.